Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H/2014 M

Alhamdulillaahirobbil ‘alamin. Kita diperkenankan Allah SWT untuk berjumpa dengan bulan Ramadhan dan berpuasa. Kini, bulan Ramadhan telah selesai. Berlanjut ke Hari Raya Idul Fitri. Hari yang suci untuk memulai hidup baru yang suci dan bersih dengan saling memaafkan.

Saya yakin selama kita kenal, berteman, dan bekerja sama pernah menyakiti, mengecewakan. Saya, istri, dan anak, mengucapkan:

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H/2014 M.
Taqobalallahu minna wa minkum.
Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Selamat Idul FitriBlog adalah salah satu media saya untuk berbagi informasi, tips, mengikuti kontes, peluang bisnis, lowongan kerja, pengalaman mengajar, dan lain lain.
Barangkali selama saya menulis di blog ini: http://darwoto.wordpress.com menyinggung perasaan pembaca baik yang disengaja maupun tidak disengaja, saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya.

Posted in Tulisanku | Tagged , , , | Leave a comment

Sudahkah Anda menikah? Bila belum cek #NikahSana oleh @ipphoright

Buat teman-teman yang masih pacaran, belum berani melamar seorang cewek/pacarnya, dan masih ragu untuk menikah baiknya membaca kultwit (kuliah twit) dari pakar otak kanan, @ipphoright.

Jangan berhenti sebelum teman-teman menyelesaikan seluruh kultwit ini sampai nomor 33. Kalau berhenti dapat menyebabkan Anda sombong dan merasa nyaman dalam hubungan pacaran atau menjomblo. Istilah lain menunda menikah. Padahal menunda menikah itu dapat menunda rejeki.

Selamat mengikuti kuliah.

  1. Menikah itu mengundang rezeki, menentramkan hati & memelihara diri. Kurang apalagi? Udah, :D
  2. Si jomblo sering menghibur diri “Akan indah pada waktunya” Padahal gundah sepanjang waktunya hehe. Udah, :D
  3. Pengen pernikahan & rumahtangga yang berkah? Jangan awali dgn fase yang nggak berkah, misal pacaran. Mending
  4. Menunda-nunda menikah, katanya mencari yang ideal. Yah mana ada! Lihat saja dirimu, apa ideal? Udah deh, :D
  5. Pacaran 10 tahun, emang KPR? Tunangan 2 tahun, emang leasing? Mending :D
  6. Segerain, sederhanain. Kalau prinsipnya begini, jadi tuh nikah insyaAllah. Buruan gih :D
  7. KUA = Kau Untukku Ajah… Udah, berhenti cengengesan. Mending lamaran & :D
  8. “Kalau dah jodoh, gak akan kemana. Ntar ketemu jg di resepsi” Iya sih, tapi sbg tamu :) Udah deh, lamaran &
  9. “Mau nikah, tapi nggak punya modal.” Kayak beli franchise aja, pake modal segala. Udah deh, :)
  10. Pemain badminton ada pasangannya. Sandal jepit ada pasangannya. Truk ada gandengannya. Situ? Makanya :D
  11. “Mau nikah, tapi nunggu mapan dulu” Lha kalau mapannya di usia 70, apa iya mau nikah di usia 72? Udah deh,
  12. “Mau nikah tp nunggu hari baik” Semua hari itu baik! Hari kiamat aja yg nggak bisa, penghulunya entah kemana!
  13. Twit-twit barusan, tolong di retwit ya… Nyenggol teman-teman kita yang masih ragu-ragu, hehe
  14. Adat & gengsi dalam resepsi, kalau diturutin nggak ada habis2nya. Mending sederhanain, segerain, jadiin. :)
  15. “Mau nikah, tapi nunggu kakak nikah dulu” Lha kalau dia nikah 5 tahun lagi, emang situ mau nunggu? Udah, :)
  16. “Mau nikah, tp belum ada jodohnya” Mungkin BUKAN jodoh kita yg belum ada. Tp kepantasan kita yg belum ada.
  17. Pria serius & bertanggungjawab akan menentukan tanggal lamaran. Pria lain? Bertele-tele dgn pacaran. Udah,
  18. Menikah itu nikmat. Nggak percaya? Tanya deh :)
  19. Iklan deterjen “Tidak ada noda, tidak belajar” Wahai wanita, jangan pakai slogan ini dlm hidupmu. Lebih baik
  20. “Buat anak kok coba-coba? Yang belum nikah, jangan coba-coba buat anak ya!” Lebih baik :D
  21. Mapan terus nikah, yah alhamdulillah. Belum mapan, nikah? Jg alhamdulillah. Justru nikahlah yg memapankan.
  22. 17 Agustus. Sang merah-putih segera berkibar-kibar. Sang janur kuning apa kabar? Makanya :D
  23. Malam Lailatul Qadar udah diikhtiarkan. Malam pertama udah diikhtiarkan? Makanya :D
  24. Catat ya. Menikah itu dianjurkan bersegera, bukan buru2. Bergegas, bukan tergesa-gesa. Kalau siap, mending
  25. Jomblo & galau melulu. Untung, hati itu buatan Allah. Kalau buatan China, mungkin sdh hancur… Makanya :)
  26. Menikah itu membuka pintu2 rezeki. Allah yg nyuruh kita menikah, Allah tentu bertanggung-jawab atas kita & rezeki kita. Bismillah
  27. Pantaskan diri, perbaiki diri. Itu cara terbaik menjemput jodoh. Mendingan nikah dini daripada maksiat dini.
  28. Bulan Ramadhan udah. Bulan Syawal ntar lagi. Bulan madu kapan? Makanya :D
  29. Sahur sendirian? Sakitnya itu di sini *NunjukDada Semoga Ramdhan berikutnya, sdh gak sendiri lagi. Aamiin.
  30. Sholat? Ibadah sekian menit. Puasa? Ibadah sekian jam. Haji? Ibadah sekian hari. Nikah? Ibadah seumur-umur!
  31. Namanya jodoh, nggak ada yang tahu. Tapi, tugas kita berniat & berusaha utk segera, nggak nunda-nunda. :)
  32. MENJOMBLO? Silakan, dengan niat menjaga diri & memantaskan diri… Tapi, jangan lama-lama. Mending :)
  33. Cowok yang nggak berani melamar, cocoknya pake konde. Kalau serius? Yah lamaran. :D

Ayo tetapkan calon istri Anda! Datang ke rumahnya. Ta’aruf. Lamar. Menikah. Sah.

Jangan lupa follow akun twitter saya, @misterdarwoto.

Posted in Tulisanku | Tagged , , , , | Leave a comment

Silabus Mata Pelajaran Wajib Kelompok A dan B untuk SMK

Teman-teman pendidik SMK/MAK yang kami hormati.

Beberapa hari yang lalu, kami, guru di SMK Tunas Bangsa Tawangsari tempat kami mengajar, mengadakan Workshop Kurikulum dengan mengangkat tema “Kami, Guru, SIAP Mengajar”. Workshop kurikulum ini dikemas dalam bentuk ceramah, simulasi, praktik, dan tugas. Terjadi banyak tanya jawab dan diskusi tentang implementasi kurikulum di SMK terutama pada penyusunan silabus dan RPP.

logo kur 2013

Salah satu peserta ternyata sudah memiliki silabus mata pelajaran wajib A dan B untuk SMK/MAK. Berikut ini kami lampirkan file-file yang kami peroleh dari seorang teman.

Pendahuluan Silabus SMK/MAK Kurikulum 2013

Silabus Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kurikulum 2013

Silabus Matematika Kurikulum 2013

Silabus Mata Pelajaran Wajib A Kurikulum 2013

Silabus Mata Pelajaran Wajib B Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa dishare ke teman-teman pembaca ya!

Salam Edukasi.

Posted in Tulisanku | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Selamat Datang Presiden Baru Indonesia

Setelah pasangan capres dan cawapres yang akan mengikuti pemilu presiden tahun 2014 ditetapkan oleh KPU beberapa waktu yang lalu, banyak rakyat Indonesia mulai dari anak sekolah, pedagang, petani, nelayan, pengusaha, karyawan, dan lain-lainnya terpisah oleh sebuah dinding. Apa dinding pemisahnya? Yaitu Garuda Merah dan Salam 2 Jari.

Sama-sama anak sekolah yang sebelum bersama-sama berboncengan sepeda motor sekolah, kini tidak lagi.

Sesama pedagang di satu pasar, jarang lagi bertegur sapa dan memberikan referensi dan rekomendasi, bahasa pedagang masa kini.

Dulunya lewat jalan yang sama menuju ke sawah, sekarang pilih lain.

Kemarin berbagi solar untuk melaut, kini nggak mau.

Dulu berkolaborasi dengan banyak pengusaha, kini pilih-pilih.

Sesama karyawan di perusahaan yang sama, agak gimana gitu?

Itulah sedikit gambaran saat masa kampanye pilpres kemarin yang sempat saya lihat di masyarakat Indonesia.

Tanggal 9 Juli 2014, pilihan telah ditetapkan oleh masyarakat Indonesia.

Kemarin sore, 22 Juli 2014, KPU telah mengumumkan pemenang capres yang mendapatkan amanah rakyat untuk memimpin negeri.

Mari kita tanggalkan semua atribut dukungan nomor 1 dengan Garuda Merah dan nomor 2 dengan Salam 2 Jari.

Mari kita kembali ke Bhinneka Tunggal Ika.

Negeri ini indah.

Mari bersama-sama membangun dan menjaga negeri ini.

Aku Cinta Indonesia.

Selamat datang Bapak Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Mari kita teladani isi pidato kemenangan Bapak Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Posted in Tulisanku | Tagged , , | Leave a comment

Isi Pidato Kemenangan Pilpres Joko Widodo-Jusuf Kalla

Pasangan Calon Presiden Jokowi Widodo dan Jusuf Kalla menyampaikan Pidato Kemenangan setelah penetapan hasil pemilihan presiden 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum, Selasa 22 Juli 2014. Pidato disampaikan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.

Berikut adalah isi pidato Jokowi-Jusuf Kalla :

“SAATNYA BERGERAK BERSAMA”

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Damai Sejahtera untuk kita semua,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah menetapkan kami berdua, Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih 2014 – 2019.

Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada bapak Prabowo Subianto dan bapak Hatta Rajasa yang telah menjadi sahabat dalam kompetisi politik untuk mendapatkan mandat rakyat untuk memimpin negeri ini lima tahun ke depan.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,
Kemenangan ini adalah kemenangan seluruh rakyat Indonesia. Saya berharap, kemenangan rakyat ini akan melapangkan jalan untuk mencapai dan mewujudkan Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara kebudayaan.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, perbedaan pilihan politik seakan menjadi alasan untuk memisahkan kita. Padahal kita pahami bersama, bukan saja keragaman dan perbedaan adalah hal yang pasti ada dalam demokrasi, tapi juga bahwa hubungan-hubungan pada level masyarakat adalah tetap menjadi fondasi dari Indonesia yang satu.

Dengan kerendahan hati kami, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, menyerukan kepada saudara-saudara sebangsa dan setanah air untuk kembali ke takdir sejarahnya sebagai bangsa yang bersatu; bangsa yang satu, bangsa Indonesia. Pulihkan kembali hubungan keluarga dengan keluarga, tetangga dengan tetangga, serta teman dengan teman yang sempat renggang.

Kita bersama sama bertanggung-jawab untuk kembali membuktikan kepada diri kita, kepada bangsa-bangsa lain, dan terutama kepada anak-cucu kita, bahwa politik itu penuh keriangan; politik itu di dalamnya ada kegembiraan; politik itu ada kebajikan; politik itu adalah suatu pembebasan.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,
Pemilihan Umum Presiden kali ini memunculkan optimisme baru bagi kita, bagi bangsa ini. Jiwa merdeka dan tanggung jawab politik bermekaran dalam jiwa generasi baru. Kesukarelaan yang telah lama terasa mati suri kini hadir kembali dengan semangat baru. Pemilihan Umum Presiden telah membawa politik ke sebuah fase baru bukan lagi sebagai sebuah peristiwa politik semata-mata, tetapi peristiwa kebudayaan. Apa yang ditunjukkan para relawan, mulai dari pekerja budaya dan seniman, sampai pengayuh becak, memberikan harapan bahwa ada semangat kegotong-royongan, yang tak pernah mati.

Semangat gotong royong itulah yang akan membuat bangsa Indonesia bukan saja akan sanggup bertahan dalam menghadapi tantangan, tapi juga dapat berkembang menjadi poros maritim dunia, locus dari peradaban besar politik  masa depan.

Saya hakkul yakin bahwa perjuangan mencapai Indonesia yang berdaulat, Indonesia yang berdikari dan Indonesia yang berkepribadian, hanya akan dapat tercapai dan terwujud apabila kita bergerak bersama.

INILAH SAATNYA BERGERAK BERSAMA!
Mulai sekarang, petani kembali ke sawah.
Nelayan kembali melaut
Anak kembali ke sekolah.
Pedagang kembali ke pasar.
Buruh kembali ke pabrik.
Karyawan kembali bekerja di kantor.

Lupakanlah nomor 1 dan lupakanlah nomor 2, marilah kembali ke Indonesia Raya.

Kita kuat karena bersatu, kita bersatu karena kuat!
Salam 3 Jari, Persatuan Indonesia!

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Om Shanti Shanti Shanti Om,
Namo Buddhaya

Merdeka!!!  Merdeka!!!  Merdeka!!!

Joko Widodo – Jusuf Kalla
22 Juli 2014

Kemenangan

Sumber: http://pemilu.tempo.co/read/news/2014/07/22/269595082/Ini-Isi-Pidato-Kemenangan-Jokowi-JK

Posted in Berita | Tagged , , , | 1 Comment

Pesawat Malaysia Airlines MH 17 Jatuh di Ukraina

Teman-teman semuanya, ini kami berikan gambar pesawat MH17 milik Malaysia yang kemarin jatuh di Ukraina. Ini adalah kondisi pesawat yang utuh.

Berikut ini salah satu gambar situasi setelah pesawat jatuh di Ukraina.

 

Posted in Tulisanku | Tagged , , | Leave a comment