Masa Orientasi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2012/2013

SMK TUNAS BANGSA TAWANGSARI SUKOHARJO-Tahun pelajaran baru telah tiba. Program yang dilaksanakan pertama kali di setiap sekolah umumnya adalah memperkenalkan segala hal yang ada di sekolah kepada siswa barunya. Program itu diberi nama Masa Orientasi Siswa atau yang lebih dikenal MOS. Tujuan MOS adalah menjelaskan hak dan kewajiban siswa di sekolah tersebut, menjelaskan program kurikulum, memperkenalkan organisasi kesiswaan, menjelaskan dunia usaha/industri, memperkenalkan sarana dan prasarana sekolah, dan lain-lain. Tentunya, kegiatan ini wajib diikuti oleh semua siswa baru yang masuk sekolah baru.

MOS di SMK Tunas Bangsa Tawangsari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013 telah dibuka oleh kepala sekolah pada hari Senin, tanggal 16 Juli 2012 kemarin. Kepala Sekolah menyampaikan beberapa hal saat upacara pembukaan. Pertama, siswa baru wajib mengikuti semua kegiatan MOS. Kedua, pengurus OSIS dan/atau panitia MOS tidak diperkenankan menggunakan kekerasan fisik ataupun non fisik. Di akhir amanat Pembina upacara, kepala sekolah memperkenalkan guru dan karyawan SMK Tunas Bangsa Tawangsari.

Kegiatan MOS akan dilaksanakan selama tiga hari pada hari Senin-Rabu, tanggal 16-18 Juli 2012. MOS diikuti oleh 389 siswa baru. MOS ini dilaksanakan dalam bentuk kelompok yang terbagi menjadi 10 kelompok. Masing-masing kelompok mengikuti kegiatan MOS di ruangan-ruangan yang telah disiapkan oleh Panitia MOS. Kelompok-kelompok peserta MOS diberi nama-nama suku yang ada di Indonesia. Kenapa kelompok peserta MOS diberi nama suku? Maksudnya adalah agar para siswa baru ini paling tidak mengenal nama-nama suku yang ada di Indonesia. Lebih jauh lagi, mereka memahami asal, budaya, dan ciri khas suku tersebut.

Materi-materi yang disampaikan pada MOS di SMK Tunas Bangsa Tawangsari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah:

  1. Program Kurikulum
  2. Hak dan Kewajiban Siswa
  3. Ibadah dan Siraman Rohani
  4. Mengenal Dunia Usaha/Industri
  5. Pendidikan Budaya dengan Karakter Bangsa
  6. Kesan dan Pesan Alumni
  7. Observasi Sarana dan Prasarana Sekolah
  8. Perintah Baris-Berbaris dan Latihan Upacara
  9. Organisasi Kesiswaan
  10. Etika Menggunakan Jejaring Sosial

Materi-materi tersebut di atas disampaikan oleh beberapa instruktur yang menguasai materi tersebut. Instruktur MOS dari guru yang ada di sekolah.

Kegiatan MOS ini dibantu oleh OSIS SMK Tunas Bangsa Tawangsari Sukoharjo yang dikenal O-NASSA. O-NASSA bertugas membantu instruktur untuk mempersiapkan peserta MOS mengikuti semua kegiatan. Selain itu, O-NASSA juga terlatih pengetahuan dan jiwa kepemimpinannya. Sehingga, kegiatan MOS ini sangat bermanfaat bagi banyak orang, yaitu siswa baru dan pengurus OSIS.

Selamat mengikuti MOS bagi anak-anak yang sedang ikut MOS.

About these ads

About Mr. Darwoto

English Teacher at SMK Tunas Bangsa Tawangsari, Sukoharjo, Central Java, Indonesia.
This entry was posted in Tulisanku. Bookmark the permalink.

2 Responses to Masa Orientasi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2012/2013

  1. sobar says:

    Pak MenDikBud yg mulia,sy usul,bagaimana jika kegiatan MOS berupa ceramah agama menurut agama masing2 siswa selama masa Orientasi berlangsung dan secara terus menerus,tanpa kegiatan lain..setuju?karena menurut saya MOS yang sekarang ini mendidik siswa jadi tidak tahu malu!biarlah mereka jenuh gak apa2,dari pada jenuh dengan membawa sifat pendendam dan tak tahu malu,minimal ada sedikit pesan moral agama yang nyangkut!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s