KELUARGA TERDEKAT JADI PRIORITAS

Posted on

oleh: Drs Utomo MPd, Ketua IPHI Karanganyar


Jika diniatkan karena mengharapkan rida Allah SWT, kebiasaan menolong orang lain yang membutuhkan merupakan bagian dari aktivitas ibadah.
Hal ini sebagaimana firman Allah SWT, Surat Adz Dzariyat ayat 56 yang intinya bahwa Allah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya.

Ibadah yang dimaksud mencakup ibadah kepada Allah SWT (hablumminallah dan ibadah yang kaitannya dengan hubungan sesama manusia (hablumminannas). Kebiasaan membantu orang lain, misalnya dengan menanggung biaya sekolah saudara, merupakan bagian dari hablumminannas.
Allah SWT telah memberikan jaminan bahwa siapapun yang mau menolong orang lain karena Allah SWT, akan mendapatkan balasan berlipat ganda. Terlebih jika anak yang ditolong sudah yatim piatu, kedudukan orang yang menolong itu sangat dekat dengan Allah SWT dan Rasulullah ketika di akhirat nanti.
Agar seseorang bisa mempercayai janji Allah itu, ia harus menjadikan aktivitas membantu orang lain sebagai kebutuhan. Secara psikologis, suatu hal yang dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi kebiasaan. Jika terus menerus dilakukan kebiasaan akan menjadi kebutuhan. Jika hal ini sudah menjadi kebutuhan, ia pun akan lebih ringan untuk membantu orang lain. Allah SWT juga sangat mencintai amalan yang dilakukan secara kontinyu.
Jika masih ada muslim yang takut menjadi miskin karena ia rajin bersedekah, sebaiknya ia mengingat firman Allah bahwa Dia telah berjanji akan melipatgandakan balasan bagi muslim yang mau menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT. Dalam hadis disebutkan, sedekah mampu memadamkan api neraka dan menghilangkan kemurkaan Allah SWT.
Ketika akan menolong orang lain, sebaiknya diprioritaskan saudara terdekat yang benar-benar membutuhkan. Jika sudah tidak ada saudara yang perlu dibantu, bisa dipertimbangkan untuk membantu orang lain yang sebenarnya tidak memiliki hubungan darah sekalipun.

Sumber:

ewt. 2009. Keluarga Terdekat Jadi Prioritas. Khazanah Keluarga Solo Pos. Solo: Solo Pos.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s