Rencanakan Jenjang Karier Anda

Posted on

Jika ada yang bertanya, ”Sudah puaskah Anda dengan pekerjaan saat ini?” maka jawaban yang diberikan orang bisa jadi sangat beragam. Sebagian mungkin sudah merasa puas dengan karier yang ia miliki, sedangkan sebagian lagi tidak. Bagaimana dengan Anda?

Merencanakan jenjang karier
Dalam merencanakan jenjang karier, penetapan tujuan merupakan hal yang sangat krusial. Anda perlu menuliskan semua tujuan jangka panjang serta tujuan jangka pendek pada sehelai kertas.

Tujuan jangka panjang berisi hal-hal yang ingin Anda raih dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun mendatang, sedangkan tujuan jangka pendek berisi hal-hal yang ingin Anda capai dalam jangka waktu satu sampai tiga tahun.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menetapkan tujuan adalah:

  • Tujuan tersebut harus dapat digambarkan/dibayangkan.
  • Anda harus memiliki berbagai atribut, energi, dan waktu yang cukup untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Anda harus memiliki keyakinan akan mampu mencapainya.
  • Anda harus mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu.
  • Anda harus mengetahui secara persis apa yang menjadi tujuan Anda.
  • Anda harus bisa bersikap fleksibel, yaitu bersedia mengubah tujuan Anda apabila diperlukan.

Jangan berhenti belajar
Pekerjaan yang Anda geluti sekarang barangkali terasa kurang memuaskan dan berada jauh di luar bayangan sebelumnya. Namun, tanamkan di benak Anda bahwa pekerjaan ini merupakan batu loncatan untuk meraih impian yang sesungguhnya.

Jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk belajar lebih banyak. Dengarkan berbagai pengalaman serta petuah dari atasan maupun rekan kerja Anda. Terus update pengetahuan dan keahlian untuk meraih karier yang lebih baik di masa depan.

Perubahan karier
Banyak hal yang membuat seseorang memutuskan untuk berpindah karier. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan sebagai dasar pertimbangan untuk berganti pekerjaan:

  • Perubahan hidup. Dulu Anda masih single, sedangkan sekarang sudah berkeluarga. Pekerjaan saat ini memiliki jadwal yang terlampau padat dan tak menentu, sehingga Anda ingin mencari karier lain yang lebih ”family friendly”.
  • Masa depan kurang menjanjikan. Dulu pekerjaan yang Anda geluti terlihat sangat menjanjikan. Tetapi saat ini kesempatan yang ditawarkan semakin berkurang, sehingga Anda memutuskan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.
  • Pekerjaan terlalu membuat stres. Mulanya, pekerjaan yang Anda geluti terasa sangat menantang. Tetapi, lama-kelamaan beban pekerjaan semakin menumpuk dan membuat Anda stres setiap hari. Jika fisik dan mental sudah tak kuat lagi, ada baiknya mencari pekerjaan baru yang tidak terlalu membebani.
  • Bosan. Rasa bosan merupakan salah satu alasan bagus untuk mencari karier lain yang lebih menantang. Jika pekerjaan yang dimiliki sekarang tidak menawarkan kesempatan bagi Anda untuk maju dan berkembang, jangan ragu untuk berganti haluan.
  • Gaji kurang memuaskan. Meskipun bukan hal yang utama, masalah gaji bisa menjadi salah satu alasan bagi seseorang untuk berganti pekerjaan. Meskipun demikian, kepuasan bekerja tidak sepenuhnya tergantung pada besar-kecilnya gaji yang diberikan.

Sumber:

http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2009/05/11/1569/13/Rencanakan-Jenjang-Karier-Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s