Depdiknas Akan Luncurkan Alat Kompetensi Guru

Posted on Updated on

Jakarta–Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas, Dr Baedhowi menyatakan pihaknya tengah menyiapkan sebuah alat atau perangkat tes kompetensi guru. Hal tersebut dikemukakan oleh Baedhowi usai jumpa pers International Conference on Best Practise I yang digelar oleh Forum Kepala Sekolah Seluruh Asia Tenggara, di Jakarta, Rabu (17/6).
“Belum bisa kami umumkan, karena untuk sementara memang masih disiapkan,” ujar Baedhowi.

Diungkapkannya ihwal alat tes tersebut oleh Baedhowi terkait dengan rasa prihatinnya terhadap sejumlah kepala sekolah dan guru di Tanah Air yang tidak jujur dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) lalu.

“Ini satu keprihatinan, soalnya ini masalah ketidakjujuran. Sebenarnya ketidakjujuran ada di mana-mana dan bukan saja terjadi pada guru, tapi karena sosok guru merupakan cermin keteladanan maka kemudian menjadi sorotan,” ujarnya.

Kecurangan dan ketidakjujuran yang dilakukan kepala sekolah dan guru seperti yang selalu terjadi di setiap pelaksanaan UN merupakan tindakan terkait administrasi dan edukatif. Baedhowi mengklaim, bahwa pihaknya sendiri senantiasa sudah mengingatkan para guru untuk selalu jujur.

“Guru jangan sampai menghilangkan waktu belajar, dalam ulangan sehari-hari mereka pun harus jujur menilai peserta didiknya. Jangan sampai ada anak pintar diberi nilai kurang, sementara anak yang kurang malah dikasih nilai tidak baik, itu tidak jujur namanya,” kata Baedhowi.

Sejauh ini, tambah Baedhowi, Depdiknas telah mengambil porsi edukatif dengan memberikan pendekatan untuk menerapkan perilaku jujur di kalangan tenaga pendidik. Hal itu karena efeknya langsung kepada para siswa.

“Untuk itulah kami masih akan terus melakukan pembinaan dan peningkatan pelatihan kepada para kepala sekolah sebagai pembina bagi guru-gurunya di sekolah,” ujarnya.

2 thoughts on “Depdiknas Akan Luncurkan Alat Kompetensi Guru

    Sri Hastuti said:
    13 January 2010 at 00:07

    Saya senang dengan tulisan anda, semakin memacu kita sebagai seorang guru.

    Like

      Mr. Darwoto responded:
      29 January 2010 at 02:48

      Terima kasih atas comment Anda.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s