Lulusan SMK Diminta Ciptakan Lapangan Kerja

Posted on

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan Nasional  Joko Sutrisno mengatakan, para lulusan SMK diharapkan tidak hanya mencari kerja, melainkan dapat menciptakan lapangan kerja. Jika membandingkan antara lapangan pekerjaan yang tersedia dengan volume lulusan, tidak berimbang.

Menurut dia, masih banyak orang beranggapan banyak lulusan SMK yang menganggur karena ada ketidaksinkronan (mismatch). “Mismatch itu asumsinya kalau pekerjaan sudah, ada dan tidak bisa match. Sekarang banyak lulusan yang sudah pintar, tetapi tidak ada peluang pekerjaan,” tuturnya di sela-sela Lomba Kompetensi Siswa SMK 2010, Minggu (16/5). Karena itu, kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional adalah menggiring siswa SMK agar dapat menciptakan pekerjaan sendiri.

Kebijakan itu dijalankan dengan melatih siswa SMK dengan kondisi nyata dunia kerja. Pada Pameran Teaching Industy, yang digelar bersamaan dengan Lomba Kompetensi Siswa LKS SMK, siswa dikondisikan untuk berlatih berdagang, membuka bengkel, dan membuka restoran. “Pameran ini menjadi bagian dari latihan mereka. Mudah-mudahan bisa lahir wirausaha atau pencipta kerja,” katanya.

Sumber:

http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2010/5/17/ciptakan-lapangan-kerja.aspx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s