Semangat dari Anak

Posted on

Sudahkah Anda memiliki anak?

Apakah Anda ingin memiliki anak? (bagi yang belum punya anak)

Apakah Anda suka anak-anak?

Apakah Anda merasa terganggu dengan suaranya?

Apakah Anda terhibur dengan celotehannya yang lucu?

Ini salah satu pengalaman saya dengan anak pertama saya, Galang.

Saya berangkat ke sekolah untuk mengajar pagi itu dengan buru-buru. Karena waktu sudah hampir menunjukkan jam 7. Padahal saya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk tiba di sekolah. Namun saat saya hendak berangkat ke sekolah, si kecil jagoan saya belum bangun. Saya tidak tega membangunkannya. Mungkin dia kelelahan bermain semalam dengan saya hingga jam 11 malam. Aku berangkat.

Tak terasa saya sudah mengajar sampai jam 13.30. Waktunya pulang. Tiba di halaman rumah. Galang, jagoan kecilku sedang bermain dengan sepeda kecilnya. Mendengar suara motor yang saya tunggangi di berteriak memanggilku. “Papa…, papa…”, dia memanggilku. Kemudian dia turun dari sepeda kecilnya dan menghampiriku yang belum turun dari sepeda motor. Dia memegangi celanaku seolah ingin bercerita banyak hal. Saat aku turun, dia minta gendong. Padahal aku masih pakai jaket dan menggendong tas. Lalu, aku bertanya: “Apa sayang?,”. Dia menjawab:” Papa, tadi aku nangis” dengan nada terbata-bata logat anak kecil usia 2,5 tahun.

Tingkah laku anak saya ini membuat saya menjadi bangga dan cinta padanya. Aku merasa bahagia sekali. Ada yang menanti kepulanganku.

Cara memanggilnya membuat aku rendah hati.

Cara bicaranya membuatku rajin bertanya kepadanya. Apa sudah makan, Sudah bobok belum?, dan masih banyak lagi

Senyumnya menghilangkan kemarahan yang sempat muncul di kelas karena anak-anak di sekolah kadang memancing kemarahanku.

…..

Leave a Reply

