Belum Tentu Suka

Posted on Updated on

Salam Edukasi,

“Bapak merasa sedih sekali melihat beberapa anak kemarin diberi sangsi oleh guru Bimbingan Konseling. Jika saya menjadi orang tua dari anak tersebut, saya akan marah kepada anakku dan malu kepada semua orang yang telah melihat anakku diberi sangsi. Seorang guru tidak akan memberikan sangsi kepada siswa jika siswa tidak melakukan kesalahan.”

Namun, nasihatku di ujung jam pelajaran pagi itu terhenti saat aku mendengar respon salah satu siswa di kelasku. Responnya sangat mengejutkanku, tidak aku duga. Si anak mengatakan, “Mafia kok, pak”.

Keinginan orang tua menyekolahkan anaknya adalah agar sang anak menjadi anak pandai. Pandai dalam artian bahwa anaknya dapat hidup lebih baik dari kondisi orang tuanya saat ini.

Lalu, apa jadinya jika anak tidak disiplin belajar di sekolah. Seperti contoh, saat jam pelajaran sekolah anak tersebut berada di luar sekolah nongkrong-nongkrong di warung. Tentunya hal ini dapat mematahkan harapan mulia orang tua si anak.

Dari sepenggal kejadian di atas saya dapat mengambil hikmahnya. Ternyata tugas guru tidak hanya menyiapkan materi, mengajarkan materi, mengevaluasi hasil kerja siswa. Tetapi, guru juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan motivasi kepada siswa agar mereka tetap semangat belajar. bahwa jika kita memberikan motivasi kepada siswa harus mempertimbangkan beberapa sebagai berikut:

  1. Sampaikan motivasi pada waktu yang tepat, misalnya: memperhatikan situasi kelas, memperhatikan waktu, dan sebagainya.
  2. Gunakan suara yang rendah, namu dapat didengar satu kelas.
  3. Pilihlah kata-kata yang mudah dipahami dan menyentuh.
  4. Berikan contoh yang masuk akal. Jika perlu contoh itu dari pengalaman Anda sendiri.

Semoga sedikit hal ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Good luck.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s