Siap-siap Rebut Kembali

Posted on Updated on

Siap-siap Rebut Kembali*)

Menjadi atlet adalah pilihan hidup, pilihan profesi. Sama dengan profesi lainnya seperti profesi dokter, pengacara, insinyur, dosen, pegawai negeri, dsb. Masing-masing profesi ada tuntutan untuk berkarya, ada kompetisi, ada disiplin. Tentu ada pula ganjaran bagi yang berhasil.

Sering dikatakan, tidak ada atlet yang turun dari langit, ujug-ujug begitu saja. Begitu juga berbagai profesi lainnya. Semua adalah hasil dari proses pembinaan yang panjang. Perbedaannya, mungkin, kompetisi di bidang olahraga sangat kompetitif, dengan indikator yang seringkali sangat terukur, dengan target-target yang jelas. Juga, masa keemasan seorang atlet sangat singkat.

Karena itu, persiapan, latihan, disiplin, dan target yang jelas menjadi sangat penting. Bagi dunia olahraga Indonesia, targetnya untuk tahun ini sudah jelas, menjadi juara umum di SEA Games Jakarta-Palembang. Masing-masing cabang olahraga sudah harus tahu sasaran medali emas yang akan diraih. Masing-masing atlet sudah harus tahu target-target medalinya masing.

Untuk mencapai target-target tersebut, masing-masing cabang olahraga sudah harus menyusun persiapan dan perencanaan sampai hari-H pertandingan SEA Games. Jadwal-jadwal latihan, uji coba, serta pertandingan-pertandingan pemanasan sudah harus disusun. Satu hal yang harus digarisbawahi adalah semua sencana itu disusun dengan target puncak kemampuan adalah pada saat SEA Games, bukan sebelumnya, bukan pula sesudahnya.

Di sinilah kepiawaian pembina dan pelatih untuk menyusun jadwal-jadwal itu dengan arena pertandingan yang tepat. Yang terakhir ini tidak kalah pentingnya, karena menyangkut level kompetisi dan resiko cedera.

Minggu lalu, Ketua Umum, jajaran pengurus serta atlet-atletnya telah melaporkan tentang persiapan dan jadwal pertandingan baik di dalam maupun di luar negeri yang akan diikuti oleh atlet-atlet kita menuju Seagames. Bahkan Pak Hendarji hapal di luar kepala semua rangkaian pertandingan tersebut sampai ke SEA Games. Dengan persiapan yang tertata baik, insya Alllah, tim karate kita akan berjaya di SEA Games nanti. Bendera Merah Putih  dan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan sering berkibar dan berkumandang di arena karate SEA Games tahun ini.

Saya harap cabang olahraga lainnya juga segera menetapkan persiapan dan perencanaan masing-masing secara detil. Saya akan meminta laporan persiapan masing-masing cabang olahraga dalam waktu dekat.

Ayo segera bersiap. SEA Games semakin dekat. Selain venues yang harus siap, kontingen atlet Indonesia harus juga siap. Sudah waktunya Indonesia kembali berada terdepan dalam bidang olahrga di Asia Tenggara. Mari Bung rebut kembali!

*Dr. Andi Alifian Mallarangeng

Sumber: http://www.kemenpora.go.id/index/preview/senayan/3369

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s