Tujuh Langkah Pemerintah Jelang Kongres PSSI di Solo

Posted on Updated on

Hari Rabu (8/7) malam, Menpora dan jajarannya menghadiri raker dengan Komisi X.  Ada dua agenda rapat, pertama membahas Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga dan Rencana Kerja Pemerintah. Sedang rapat kedua membahas masalah PSSI. Dalam rapat untuk membahas PSSI, Menpora menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah menjelang Kongres PSSI tanggal 30 Juni mendatang di Solo. Berikut adalah langkah-langkah yang dijelaskan Menpora Andi Mallarangeng:

1. Pada rapat EXCO FIFA yang terakhir, FIFA telah memutuskan bahwa, PSSI tidak diberi sanksi dan tetap diberi kesempatan melaksanakan Kongres paling lambat tanggal 30 Juni 2011. Namun, jika kongres mendatang tidak berhasil memilih pengurus baru, FIFA akan menjatuhkan sanksi secara otomatis per tanggal 1 Juli 2011.

2. Pemerintah bersama KONI/KOI telah dan sedang melakukan berbagai pendekatan-pendekatan dan mediasi dengan berbagai pihak terkait untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi terselenggaranya dan keberhasilan Kongres PSSI mendatang.

3. Sejauh ini, pendekatan yang dilakukan pemerintah telah memberikan titik terang. Semua pihak yang dihubungidan ditemui memberikan respon yang positif, sehingga kami optimis situasi yang kondusif bisa tercipta saat kongres berlangsung.

4. Untuk penyelengaraan Kongres PSSI tanggal 30 Juni 2011, pemerintah terus mengusahakan agar kongres berjalan dengan baik dan berhasil melahirkan pengurus baru dan melanjutkan reformasi PSSI, sesuai ketentuan FIFA dan ketentuan lain yang berlaku di Indonesia. Dengan ini pemerintah menegaskan bahwa, Kongres PSSI mendatang harus berhasil memilih pengurus baru PSSI.

5. Pemerintah menghimbau semua pihak, seluruh steakholder PSSI, untuk memberikan kontribusi positif agar Kongres PSSI mendatang bisa berhasil dengan baik. Mari kita semua mengedepankan kepentingan sepakbola nasional. Pemerintah dan rakyat Indonesia, utamanya pecinta sepakbola, tidak menginginkan dijatuhkanya sanksi FIFA pada PSSI.

6.Mengenai rincian teknis pelaksanaan Kongres PSSI, diserahkan sepenuhnya kepada Komite Normalisasi. Namun, pemerintah dapat memfasilitasi dan memberikan dukungan jika dibutuhkan.

7. Pemerintah berharap Kongres PSSI mendatang dapat terlaksana dengan baik, serta kita bisa memulai lembaran baru bagi PSSI dan sepakbola Indonesia. (amr)

Sumber: http://www.kemenpora.go.id/index/preview/berita/3870

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s