Info: Gerakan Indonesia Membaca Sastra

Posted on

Gerakan Indonesia Membaca Sastra (GIMS) adalah sebuah gerakan bersama yang mencoba menghidupkan kegairahan membaca sastra di kalangan masyarakat luas. Dengan gerakan ini diharapkan kegiatan membaca sastra menjadi kegiatan yang menyenangkan, bukan lagi sebagai sebuah tugas, apalagi dari guru bahasa Indonesia. Sehingga ia bisa menjadi pengisi waktu luang warga Jakarta yang menikmati sore atau petang di kafe, komunitas sastra, dan ruang-ruang publik lainnya. Syukur-syukur, kelak ia bisa menjadi semacam gaya hidup warga Jakarta yang mencintai sastra atau kesenian pada umumnya.

Seluruh kegiatan pembacaan akan direkam dan hasilnya akan diolah menjadi audiobook dan disumbangkan ke perpustakaan komunitas Mitra Netra, sebagai sebentuk kepedulian kita membantu ketersediaan buku-buku sastra bagi kaum tuna netra. Selama setahun ke depan diharapkan akan dihasilkan 12 audiobook sastra Indonesia Klasik berkualitas baik.

Sebagai bagian dari kerjasama dengan Komunitas Salihara, DKJ juga berkomitmen menggelar acara serupa di sekitar Cikini, Jakarta Pusat. Bagi DKJ, kegiatan ini akan menjadi bagian dari Jakarta Biennale #14 2011 yang akan berlangsung selama Desember – Januari 2012.

Novel: Atheis karya Achdiat K. Miharja dan Bukan Pasar Malam karya Pramoedya Ananta Toer

Tempat dan Waktu:
Kafe Tjikini, Jalan Cikini Raya
Jumat, 2, 9, & 16 Desember 2011
pukul 16.00 – 19.00 WIB

Bagi yang berminat untuk berpartisipasi, silakan kirim CV singkat ke marisca.suzana@yahoo.com atau hubungi kantor DKJ 31937639, 3162780, 39899634.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s