Logo Google Hari Ini, Apa Artinya?

Posted on Updated on

Setelah mengajar, ada waktu untuk istirahat bagi saya siang ini. Ayo mencoba membuka netbook dan online. Seperti biasanya, saya selalu menggunakan search engine Google untuk mencari apa yang saya butuhkan. Karena search engine ini sangat canggih bagi saya. Selain itu, karena saya mempunyai e-mail dari Google. Apa yang saya temukan di sana. Ada tampilan baru dari Google Doodle (Logo Google) hari ini. Unik. Itulah kata yang dapat saya ucapkan untuk Google. Setelah saya taruh kursor di atasnya muncul tulisan “Nicholas Steno’s 374th Birthday”. Bisa Anda lihat seperti berikut ini:

Saya penasaran, apa arti dari logo Google hari ini. Lalu aku serching saya ke Google. Yang aku dapat adalah berikut ini:

Google rupanya mencoba memperingati hari kelahiran Nicolas Steno yang jatuh pada hari ini, 11 Januari 1638 silam. Nicolas Steno tergolong ilmuwan unik karena dia adalah pionir dalam dua ilmu murni yang berlainan, yakni ilmu anataomi tubuh dan geologi. Ilmuwan kelahiran Denmark ini memiliki kebiasaan untuk tidak langsung percaya pada buku yang ditulis orang lain dan lebih memilih untuk menelitinya sendiri. Steno dikenal sebagai Bapak Geologi dan Stratigrafi. Stratigrafi adalah ilmu cabang geologi yang mempelajari bebatuan dan lapisan (“layering”, stratifikasi).

Berdasarkan catatan Wikipedia yang selama ini banyak disumbang Google, Steno berpendapat bahwa komposisi kimia dari fosil dapat diubah tanpa mengubah bentuk mereka. Steno kemudian menemukan gigi hiu yang membawanya pada pertanyaan, mengapa gigi hiu yang padat dapat ditemukan di dalam benda padat lainnya seperti batu atau lapisan dalam bebatuan.
Benda padat dalam lapisan padat itu menarik minat Steno, yang kemudian kita kenal sekarang dengan istilah mineral, kristal, bahkan seluruh lapisan batuan atau strata. Ia menerbitkan studi geologinya pada 1669 berjudul “De solido intra Solidum naturaliter Contento dissertationis prodromus”, atau wacana pendahuluan untuk disertasi tentang suatu benda padat secara alami yang terkandung dalam apisan padat.

Steno pertama-tama tak mengidentifikasi fosil itu sebagai bagian dari organisme hidup. Ilmuwan lain seperti Robert Hooke dan John Ray kemudian berpendapat bahwa fosil adalah sisa-sisa organisme yang pernah hidup

Steno kemudian menciptakan beberapa prinsip dasar stratigrafi yang tercantum dalam bukunya terbitan tahun 1669, yaitu:
• Superposisi: suatu lapisan batuan sedimen pada suatu strata tidak terganggu secara tektonik lebih muda dari permukaan di bawahnya. Lapisan itu lebih tua dari yang berada di atasnya.
• Horizontalitas: Sedimen yang baru terbentuk cenderung mengikuti bentuk dasarnya dan cenderung untuk menghorizontal, kecuali cross bedding. Hal ini karena pengaruh sedimen dikontrol oleh hukum gravitasi dan hidrolika cairan.
• Kontinuitas lateral: Pengendapan lapisan batuan sedimen akan menyebar secara mendatar, sampai menipis atau menghilang pada batas cekungan tempat ia diendapkan. Lapisan yang diendapkan oleh air terbentuk terus-menerus secara lateral dan hanya membaji pada tepian pengendapan pada masa cekungan itu terbentuk.
• Cross-cutting diskontinuitas: Batuan yang terpotong mempunyai umur geologi yang lebih tua daripada yang memotong.

Nicolas Steno meninggal pada 25 November 1686.

Menurut Inilah.com, Google mengubah logo laman mesin pencarinya menjadi ilustrasi geologi dan paleontology untuk memperingati hari lahir Nicholas Steno. Pelopor anatomi dan geologi ini lahir pada 11 Januari 1638 dan meninggal pada 25 November 1686.

Buah pikiran utama bapak geologi dan stratigrafi ini termasuk observasi anatomical (1662), spesimen Elementorum Myologiae (1667), perihal solid alami yang terkandung solid (1669), spesimen Elememtary Mylogical (1669) dan Discours de Monsiuer Stenon sur L’Anatomie du Cerveau (1669).

Pada 1953, makam Steno ditemukan dan mayatnya dikubur kembali di Basilica of San Lorenzo berdekatan dengan pelindungnya, keluarga De’ Medici.

Sumber:

http://www.pikiran-rakyat.com/node/172614

http://teknologi.inilah.com/read/detail/1817435/ingin-tahu-arti-logo-google-hari-ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s