Administrasi Mengajar atau Metode Mengajar

Posted on Updated on

12GURU PROFESIONAL adalah guru yang mampu membuat administrasi mengajar dan menguasai metode mengajar dengan baik. Keduanya harus seiring sejalan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Namun, kadang ada juga yang memisahkan diantara keduanya. Administrasi mengajar sendiri dan metode mengajar sendiri. Mari kita tengok sejenak apa saja administrasi mengajar yang wajib dibuat oleh guru.

Pertama, administrasi persiapan mengajar. Dokumen persiapan mengajar yang dibuat/dipersiapkan oleh guru adalah membuat silabus, mempelajari kalender pendidikan, membuat rincian minggu efektif dan tidak efektif, membuat program mengajar tahunan, program mengajar semester, dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Kedua, administrasi pelaksanaan mengajar. Saat mengajar, guru menyampaikan materi yang telah dipersiapkan dalam RPP, mencatat kejadian di kelas dalam jurnal kelas, guru mengajar materi dan membimbing kepribadian siswa, guru memotivasi siswa, dan lain-lain.

Ketiga, administrasi evaluasi mengajar. Guru membuat soal evaluasi, mengoreksi lembar kerja siswa, menganalisis hasil evaluasi, menetapkan perbaikan dan pengayaan, dan lain-lain. Soal evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan guru mengajar dan siswa menerima materi dari guru.

Tidak jarang guru hanya melakukan kewajiban guru seperti di atas. Guru lupa menggunakan metode mengajar yang sesuai/menarik agar siswa tertarik pada gaya mengajar guru dan materi yang disampaikan mudah diserap siswa.

Benar, guru sudah menetapkan metode mengajar yang digunakan saat mengajar pada RPP. Namun, praktiknya itu hanya sebatas administrasi yang tulis di dalam RPP. Guru lupa membuat kelengkapan/alat peraga yang mendukung metode mengajar yang sesuai/menarik.

Sebaliknya, guru membuat alat peraga/pendukung metode mengajar tertentu yang sesuai dan menarik dengan lengkap runtut, tapi guru lupa membuat administrasi mengajar dengan rapi.

Seharusnya, guru membuat administrasi mengajar dan mempersiapkan alat peraga/pendukung dalam menggunakan metode mengajar tertentu dengan baik.

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman di sekolah atas bimbingan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Jadi, bila ada tulisan yang tidak berkenan dan dirasa tulisan ini belum lengkap, silahkan memberikan komentar. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s