Bahaya Penundaan

Posted on Updated on

AA1Saya terinspirasi dengan beliau, Jamil Azzaini, sejak mengikuti seminarnya bertajuk “Tuhan, Ini Proposal Hidupku”. Setelah seminar itu itu saya minimal 1 minggu sekali melihat dan membaca tulisan beliau di website pribadinya ini, jamilazzaini.com.

Minggu lalu, saya membaca artikel beliau yang berjudul Bahaya Penundaan. Kemudian, saya menyalinnya di blog saya agar dapat dibaca juga oleh teman-teman. Berikut tulisan beliau.

Banyak orang menganggap menunda-nunda pekerjaan itu adalah hal yang biasa. Padahal, menunda pekerjaan itu bisa menurunkan rasa kebahagiaan. Sebaliknya, semakin terbiasa kita mendisiplinkan diri untuk segera menuntaskan pekerjaan menyebabkan kita memiliki banyak tambahan energi.

Ketahuilah, setiap kali kita menyelesaikan tugas yang penting, otak kita melepaskan hormon beta-endorphin. Hormon ini adalah obat alami kebahagiaan. Setiap kita melepaskan beta endorphin, kita akan merasa senang, gembira, lebih bersemangat, positif dan sangat antusias, kreatif dan menambah rasa percaya diri.

Cobalah Anda perhatikan di sekitar Anda, orang yang terbiasa menuntaskan pekerjaan-pekerjaan penting hidupnya semakin hidup. Sementara orang yang sering menunda-nunda pekerjaan hidupnya akan sering diliputi kesedihan, sering berpikir negatif, mudah mengalami demotivasi, dan semakin hari kepercayaan dirinya akan semakin drop.

So, jauhi penundaan. Apa yang bisa Anda kerjakan segera kerjakan. Camkan baik-baik, menurut Brian Tracy, setiap pekerjaan terdiri dari tiga bagian. Pertama, Anda melakukan pemanasan dan bersiap. Kedua, Anda mengerjakan tugas. Ketiga, Anda melakukan dan menyingkirkannya.

Setiap Anda berhenti menyelesaikan tugas atau menunda pekerjaan maka Anda akan kehilangan waktu hingga 500 persen dari waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas jika Anda tetap bertahan sampai semua selesai. Mengapa? Karena Anda memerlukan waktu untuk pemanasan lagi dan mengulang pekerjaan yang boleh jadi sudah Anda kerjakan sebelumnya.

Disiplinkan diri untuk segera menyelesaikan tugas. Sebab, dengan cara ini kita akan bisa mengerjakan pekerjaan lebih banyak dan perasaan bahagia datang ke dalam diri kita tiada henti.

Apabila Anda sering tak bahagia, mudah terdemotivasi, kurang bersemangat, sering berpikir negatif, kepercayaan diri yang semakin menurun boleh jadi salah satu sebabnya karena Anda sering menunda-nunda pekerjaan. Ayo bergegaslah, jangan malas!

Sumber: Jamilazzaini.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s