Catatan Hari Ke-2 #DiklatGuru di #smktbtawangsari

Posted on Updated on

SMK Tunas Bangsa Tawangsari-Jum’at, 28 Desember 2013 adalah hari ke-2 DIKLAT GURU yang mengangkat tema “Menjadi Guru PROFESIONAL untuk SMK Tunas Bangsa Tawangsari”.

Masih fokus dengan model pembelajaran, materi pertama hari ini adalah Membuat Media Pembelajaran. Materi tentang Media Pembelajaran ini disampaikan oleh Ibu Eni Setiani, S.Kom. Materinya meliputi pengertian media pembelajaran, peranan media pembelajaran, alasan guru belum menggunakan media pembelajaran, ciri-ciri media pembelajaran, fungsi media pembelajaran, dan jenis media pembelajaran. Kemudian beliau mengajak peserta DIKLAT GURU untuk senantiasa menggunakan media pembelajaran dan memberikan solusi agar mudah membuat media pembelajaran dengan rumus 3M. Apa itu 3M? Adalah 1. Mulai membuat media pembelajaran dari sekarang, 2. Mulai membuat media pembelajaran dari diri sendiri, dan 3. Membuat media pembelajaran yang sederhana/kecil.

Dilanjutkan dengan materi kedua. Quantum Teaching Learning (Model Pembelajaran Quantum) yang disampaikan oleh Ibu Sarwini, S.Pd. Beliau menjelaskan pengertian model pembelajaran quantum, media pembelajaran yang digunakan, dan langkah-langkah pembelajaran. Beliau mengakhiri penyampaian materi model pembelajaran quantum dengan memberikan simulasi pembelajaran yang menggunakan model ini.

Materi yang ketiga adalah Discovery and Inquiry. Materi ini disampaikan oleh Ibu Kartinah, S.Pd. Dengan ciri khas beliau bercerita dan memberi petuah. Maklum beliau ini adalah guru paling tua di SMK Tunas Bangsa Tawangsari. Jadi, tidak diragukan lagi pengalaman hidupnya. Sampai-sampai materi utama hampir lupa disampaikan. Saking asyiknya berbagi pengalaman.

Materi keempat adalah Problem Based Learning yang disampaikan oleh Joko Santoso, S.Pd. Dengan penuh semangat beliau menyampaikan materi ini. Semangatnya ini yang membuat para peserta terkesima dan dapat memecah kepenatan peserta. Maklum dari pagi duduk mendengarkan ceramah.

Materi kelima adalah Make A Match oleh Bapak Purnomo, S.Pd. Dengan gayanya yang santai, namun mengena pada para peserta tentang materi yang disampaikannya.

DIKLAT GURU pada hari ini, diakhiri dengan informasi tambahan bahwa peserta diminta membawa pakaian olah raga untuk acara Out Bond. Memakai seragam batik coklat dan jaket SMK untuk foto bersama.

Semoga usaha Bapak/Ibu peserta DIKLAT GURU ini untuk menjadi guru PROFESIONAL tidak sia-sia. Tujuan akhir adalah guru bisa melaksanakan tugasnya dengan PROFESIONAL sehingga peserta didik/siswa PUAS dengan pembelajaran guru.

Salam GURU PROFESIONAL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s