Tidak Siap Dikritik, Memberi Banyak Alasan

Posted on

Orang yang memberi kritik kepada kita itu artinya dia peduli dengan kita. Peduli kepada kita agar kita menjadi lebih baik dari saat ini. Umumnya kritik yang diberikan kepada kita karena kita sebelumnya melakukan sesuatu yang menurut orang yang mengritik tidak baik atau tidak sesuai dengan kaidah-kaidah atau norma-norma yang pengkritik pedomani.

Kita yang dikritik kadang mau menerima dengan lapang dada dan mau memperbaiki diri. Tapi, ada yang sebaliknya. Ketika dikritik kita malah memberikan sejuta alasan agar kita tampak tidak bersalah.

Bukankah kita hidup di dunia ini selalu ingin naik kelas. Naik kelas dalam arti menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bila kritik teman itu dapat menjadikan kita naik kelas, kenapa tidak kita menerimanya dengan senyuman, lapang dada, kemudian mengikuti sarannya. Memang tidak ada keharusan melaksanakan kritik dari teman. Tapi, prinsipnya adalah kita ingin naik kelas.

Bila kritik teman itu tak membuat kita naik kelas, untuk apa kita mengikuti kritiknya. Biar teman kita yang memberi kritik senang, tidak kecewa, kita dengarkan saja dengan senyuman.

Kesimpulannya, kritik yang membuat kita maju, biarpun pedas, lakukan! Bila kritiknya tidak membuat kita maju, abaikan saja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s