Sungguh-sungguh dalam Bekerja

Posted on

Seorang teman di tempat kerja bertanya kepada saya, “Pak, Kenapa Anda semangat sekali dalam bekerja? Santai saja.”

Saya menjawab, “Saya semangat bekerja karena saya selalu mengingat betapa banyak orang yang ingin bekerja (mendapatkan pekerjaan). Di luar sana, ada banyak pengangguran yang sedang mencari pekerjaan. Beberapa dari mereka ada yang melamar di tempat kerja kita. Kalau saya tidak semangat (sungguh-sungguh/serius) bisa-bisa pimpinan tidak mau memakai tenaga dan pikiran saya.”

Teman saya mencoba melemahkan pendapat saya, “Di sini, teman-teman kita yang lebih dulu bekerja di sini. Mereka nyantai sekali kerjanya. Dan masih bekerja di sini.”

Saya menanggapi pendapatnya, “Itu benar. Namun, apakah kita tahu apa yang terjadi di ruang pimpinan. Jangan-jangan nama mereka masuk ke dalam daftar karyawan yang hanya menjadi beban bagi perusahaan. Bukan menjadi karyawan yang bisa memajukan perusahaan. Selain itu, apakah kita mau memberi rejeki bagi anak, istri dengan makan gaji buta?”

Teman saya terdiam tidak berani lagi  berpendapat lebih.

Percakapan singkat di atas mungkin terjadi di tempat kerja teman-teman pembaca. Mohon teman-teman tidak tersinggung kalau Anda termasuk orang yang tidak pernah sungguh-sungguh (nyantai) dalam bekerja. Dan teman-teman nggak boleh sombong kalau Anda merasa orang yang selalu sungguh-sungguh dalam bekerja.

Di sini, saya hanya ingin mengajak kepada sidang pembaca untuk senantiasa bersungguh-sungguh/semangat dalam melakukan pekerjaan di tempat. Agar kita tidak tergolong menjadi beban bagi perusahaan. Selain itu, gaji yang kita peroleh agar menjadi berkah untuk keluarga kita di rumah. Apakah teman-teman mau memberi gaji yang tidak berkah untuk keluarga.

Terakhir kalinya melalui tulisan ini, pekenankan saya mengajak kepada teman-teman pembaca untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam bekerja agar kita tidak menjadi beban bagi perusahaan.

Leave a Reply

