8 Cara Memilih Obat Herbal

Posted on

Beberapa hari yang lalu, saya menerima e-mail dari relasi bisnis online saya tentang “* Cara Memilih Obat Herbal”. Rasanya tidak baik bila saya menyimpan pesan ini, hanya menjadi bacaan pribadi, tanpa saya bagikan ke teman-teman semua. Berikut ini saya salinkan isi e-mail yang saya terima.


Obat herbal diyakini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan obat generik ataupun obat paten. Tapi, hal ini tak lantas menjadi pernyataan mutlak bahwa obat herbal selalu baik.

Sebagai konsumen, Anda perlu sangat berhati-hati memilih asupan untuk tubuh Anda. Tidak semua obat herbal benar-benar terbukti 100% herbal, banyak yang ‘menipu’ pasar dengan iming-iming aman padahal kenyataannya TIDAK AMAN karena herbal yang dijual telah dicampur dengan zat kimia dan tidak terbukti legalitasnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan sebelum membeli obat herbal.

Tidak Langsung Bereaksi

Obat Herbal memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan obat paten/generik untuk bereaksi dengan tubuh Anda. Oleh karena itu, jangan mudah percaya dengan obat herbal yang memberikan penawaran pengobatan instant.

Tidak Mengandung Bahan Kimia

Cermati komposisi yang terkandung dalam obat herbal yang akan Anda konsumsi, pastikan tidak ada campuran zat kimia didalamnya. Karena kalo sudah ada campuran, itu artinya obat tersebut bukan herbal alias PALSU.
Memilih Obat yang Tepat

Memastikan Masa Kadaluarsa

Karena obat herbal tidak menggunakan pengawet, maka biasanya masa kadaluarsanya lebih cepat dibanding obat-obatan kimia (generik/paten). Cermati dan pastikan obat yang Anda konsumsi dalam masa pakai.

Kapsul yang Aman dan Halal

Beberapa obat herbal menggunakan kapsul dan tidak banyak orang tahu bahwa kapsul yang digunakan obat herbal kadang ‘asal-asalan’ tanpa adanya sertifikat halal dan aman untuk dikonsumsi dari MUI dan BPOM. Jika perlu cek legalitas kehalalan obat tersebut. Jika tidak ada, maka sebaiknya jangan dibeli.

Halal MUI

Selain kapsul, tentu saja komposisi dari obat herbal yang akan Anda konsumsi pun haruslah mempunyai legalitas dari MUI. Perhatikan apakah terdapat label halal atau tidak ada pada kemasannya.

Legalitas BPOM RI

Legalitas dari BPOM RI juga sangat perlu saat menentukan membeli dan mengkonsumsi obat herbal. Anda harus benar-benar yakin obat tersebut sangat aman bagi tubuh dan tidak menimbulkan banyak efek samping. Memilih obat herbal berkemasan yang sudah mengantongi jin dari badan BPOM RI juga sangat penting untuk menghindari produk-produk herbal yang illegal.

Syarat CPOTB

Yang tak kalah penting, pastikan pula bahwa obat herbal yang baik dan aman itu juga memiliki syarat CPOTB, yaitu telah memenuhi syarat Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik.

Kemasan Yang Baik

Jangan memilih produk dengan kemasan yang sudah rusak untuk menghindari resiko terkontaminasi bakteri atau kuman berbahaya.

Penjual Yang terpercaya

  • Latar belakang penjual. Bagaimana kredibilitas si penjual tersebut?
  • Harga. Apakah harga produk yang dijual lebih mahal atau malah lebih murah dari harga pasaran? Jika harga terlalu murah, mungkin saja produk herbal tersebut oplosan atau belum memenuhi syarat CPOTB.
  • Kondisi toko online dan offline dari sang penjual. Jika toko offline apakah tokonya bersih? Jika toko online apakah tokonya memiliki sistem atau tampilan yang professional?
  • Garansi. Apa garansi dari sang penjual?

Begitu banyak obat herbal diluar sana, berhentilah menebak-nebak mana yang kualitasnya baik, halal, memiliki sertifikasi lengkap, khasiat yang terjamin, serta garansi uang kembali.

kami sudah memilihkan obat herbal terbaik untuk Anda disini > http://yuk.bi/qb45

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s