Kembali ke KTSP, Belajar Lagi

Posted on

Awal Desember yang lalu, tepatnya tanggal 5 Desember 2014, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menyampaikan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah baru mulai menerapkan pada tahun pelajaran 2014/2015 untuk diberhentikan sementara (moratorium). Mengingat masih banyak kekurangan fasilitas pendukung implementasi Kurikulum 2013 (kurtilas) ini di tiap-tiap sekolah, seperti: buku guru, buku siswa, belum semua guru mengikuti diklat kurikulum 2013, dan lain sebagainya.

Dengan diberhentikannya sementara implementasi kurikulum 2013, maka untuk sementara waktu tiap-tiap sekolah yang diminta untuk menghentikan implementasi kurtilas tadi untuk menggunakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Dengan kata lain, guru harus mengingat kembali hal-ihwal terkait KTSP atau istilah kerennya ya guru harus belajar lagi.

Pantas memang bila implementasi kurtilas dimoratorium. Karena benar bahwa pendukung kurtilas belum sempurna. Terbukti beberapa sekolah belum menyerahkan laporan hasil kompetensi peserta didik (raport). Sesuai kalender pendidikan raport diserahkan kepada orang tua/wali pada tanggal 20 Desember 2014. Hingga hari ini, masih ada sekolah yang belum menyerahkan raport. Menurut informasi dari teman-teman di tempat saya mengajar di salah satu sekolah baru akan menyampaikan raport pada hari pertama semester genap.

Beban guru semakin berat saja. Guru dipusingkan dengan implementasi kurikulum yang belum sempurna. Kemudian harus diberhentikan. Kemudian harus belajar lagi tentang pembelajaran dengan KTSP. Dan lagi, menyelesaikan nilai raport yang kemarin belum diselesaikan. Lagi-lagi, harus menyiapkan materi pembelajaran di semester genap ini.

Berat memang tugas guru. Tapi semuanya harus di HHN (Hadapi, Hayati, dan Nikmati).

Guru semangat mengajar adalah teladan bagi siswa. Karena dengan teladan inilah siswa akan lebih cepat terbentuk karakternya. Sesuai dengan nilai PBKB yang dieluh-eluhkan pada KTSP.

OK. Selamat berkarya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s