Kiat #SuksesUN2015

Posted on

#SuksesUN2015Buat adik-adik yang duduk di kelas 9 SMP/MTs dan 12 SMA/MA/SMK saat ini pastinya mulai merasakan dag-dig-dug karena sudah mendekati waktu penentuan menuntaskan pendidikan di tingkatnya, yaitu Ujian Nasional. Ini normal jadi adik-adik tidak perlu khawatir. Atau mungkin malah biasa-biasa saja. Tidak ada bedanya dengan hari-hari biasa. Ini mungkin karena belum tahu bagaimana rasanya tidak lulus ujian nasional atau sudah tahu tips sukses ujian nasional.

Kali ini, saya membagikan tips buat adik-adik yang akan ujian nasional. Agar siap dan hasilnya memuaskan, LULUS dengan nilai yang BAGUS.

1. Memohon Do’a Restu Orang Tua

Menyampaikan harapan kepada orang tua. Dilanjutkan memohon bantuan do’a dari orang tua agar dalam ujian nasional tahun ini lancar, sukses.

2. Memohon Do’a Restu Guru

Sering siswa membuat hati guru merasa jengkel dalam proses KBM. Bisa jadi inilah salah satu penghambat tidak terkabulnya do’a kalian karena guru masih jengkel, dongkol dalam hati. Sampaikan minta maaf dengan tulus. Kemudian memohon do’a agar apa yang kamu cita-citakan tercapai.

3. Memahami Kisi-kisi

Membaca dan memahami kisi-kisi ujian nasional. Karena setiap tahun, kisi-kisi ujian nasional ada perbedaan.

4. Mengerjakan Latihan Soal Ujian Nasional

Setelah memahami kisi-kisi ujian nasional kerjakanlah latihan-latihan soal yang sesuai dengan kisi-kisi ujian nasional.

5. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Yang bisa membolak-balikkan hati dan pikiran manusia hanyalah Allah SWT. Jangan jauh-jauh dari Dia. Semakin rajin beribadah, mengingat, dan bersedekah.

6. Menyiapkan segala perlengkapan

Ujian nasional membutuhkan perlengkapan/peralatan, seperti: pensil 2B, penghapus, alas, penggaris, dan lain sebagainya. Siapkan jauh-jauh hari. Takutnya, kalau mendekati hari ujian stok di toko-toko alat tulis habis. Nanti kalian bisa kelimpungan.

7. Mengatur waktu/membuat jadwal pribadi

Mau sukses ujian harus rajin belajar. Tapi, tubuh ini butuh istirahat. Aturlah jadwal dengan baik. Ada kegiatan belajar yang proporsional, ada kegiatan bermain yang bersifat hiburan, dan lain sebagainya.

Semoga tips sukses ujian nasional ini bermanfaat bagi adik-adik semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s