Jadi Bimbang

Posted on Updated on

Lulus sekolah, SMK, langsung kerja adalah cita-cita anak yang bersekolah di SMK. Karena memang sekolah di SMK para siswa dididik dan dilatih untuk siap bekerja setelah lulus nanti. Bahkan belum lulus pun informasi lowongan kerja sudah berdatangan sehingga di tingkat terakhir SMK para siswa sudah melamar pekerjaan, diseleksi, ikut tes kerja, wawancara, dan tes kesehatan. Dan yang lolos berbagai tahapan seleksi para siswa diterima kerja di perusahan. Sehingga begitu lulus sekolah langsung kerja, tidak baru cari-cari kerja.

banner tinggiBanyak siswa di tempat saya mengajar, SMK Tunas Bangsa Tawangsari, yang lolos berbagai tahapan seleksi. Bahkan mereka sudah tanda tangan kontrak dengan perusahaan. Setelah pengumuman kelulusan UN para siswa ini tinggal berangkat ke perusahaan dan mulai bekerja. Padahal mereka belum ikut ujian nasional. Luar biasa memang keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh anak-anak yang sekolah di SMK.

Namun, beberapa waktu yang lalu, beberapa siswa menyampaikan isi hatinya di sela-sela saya mengajar di kelas. Yang intinya adalah mereka sekarang menjadi bingung, bimbang setelah mendapatkan sosialisasi dari beberapa perguruan tinggi yang datang di sekolah. Dimana beberapa perguruan menawarkan pendidikan tingkat lanjut setelah SMK agar para siswa lebih mahir di bidangnya atas apa yang diperoleh di SMK.

Berbagai macam kemudahan ditawarkan perguruan tinggi. Mulai pilihan waktu kuliah, yaitu: kelas malam atau akhir pekan. Kemudian beasiswa bagi siswa yang memiliki nilai minimal rata-rata 80. Selain itu juga menjanjikan potongan biaya kuliah dan fasilitas tambahan bagi yang mendaftar lebih awal. Hingga jaminan lulus langsung kerja, padahal ini belum lulus SMK sudah diterima kerja di perusahaan.

Sebenarnya dengan datangnya beberapa perguruan tinggi di sekolah SMA/SMK bukanlah berniat untuk menjadikan para siswa yang duduk di tingkat akhir ini menjadi bimbang atau bingung. Namun, untuk memperoleh wawasan baru terutama tentang pendidikan tinggi. Ini bisa membuat para siswa tidak cepat puas diri dengan yang sudah diperoleh di tingkat SMK.

Menurut saya pilihan yang tepat adalah untuk siswa SMK bisa langsung mencari kerja. Bekerja setelah lulus sekolah. Kemudian mengatur jadwal untuk bisa kuliah di kelas sore atau kelas akhir pekan dengan mengambil program keahlian yang sesuai dengan pilihan/keahlian di SMK. Hal ini akan mampu membuat Anda terampil dan terdidik. Karena tenaga terampil itu membutuhkan banyak tenaga, namun honor/gaji sedikit. Sedangkan tenaga yang terampil dan terdidik bisa menjadikan pekerja yang ahli (sedikit tenaga, namun honor/gaji tinggi) sehingga ini bisa meningkatkan nilai diri.

Perlu diperhatikan bahwa bekerja sambil kuliah itu perlu kedisiplinan yang tinggi. Selain disiplin waktu juga kedisiplinan mengatur keuangan. Disiplin waktu dan uang harus dipersiapkan dan dilatih dari sekarang.

Jadi, jangan bimbang. Tentukan segera sekarang demi masa depan yang cerah.

Lha … Tapi ini masih bimbang, bingung. Sudah. Sana Sholat Istikhoroh! Serahkan semua pada Allah SWT, ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s