6 Tips Bersegera Tanpa Tergesa-gesa

Posted on

Orang sukses selalu meninggalkan jejak. Dan, jejak itu bisa ditiru oleh siapa saja. Salah satu jejak yang ditinggalkan oleh orang sukses adalah melakukan segala sesuatu sesegera mungkin. Saya yakin teman-teman yang sedang membaca tulisan ini sedang ingin meraih kesuksesan, kesuksesan dalam hidup.

Beberapa waktu yang lalu, saya membaca sebuah buku pengembangan diri yang sangat bagus. Dan ini adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh sukses.

  1. Konsentrasi. Fokus dengan apa yang akan Anda kerjakan. Jangan mudah teralihkan oleh hal-hal lain yang hendak Anda kerjakan.
  2. Pahamilah bahwa menunda berarti menumpuk pekerjaan. Anda akan merasa mempunyai beban yang sangat besar ketika pekerjaan yang satu belum selesai, sudah datang pekerjaan lain.
  3. Berpikir optimis bahwa Anda yakin dapat menyelesaikannya karena salah satu penyebab penundaan pekerjaan adalah ketika kita merasa tak mampu untuk mengerjakannya. Berpikirlah bahwa Anda dapat melakukannya. Oleh karena itu, Anda dapat melakukannya.
  4. Hindari beralibi. Seperti mengkambinghitamkan kesehatan. “Aduh, kesehatanku sedang buruk”. Kesehatan “buruk”, dalam ribuan bentuk yang berbeda, digunakan sebagai alibi untuk kegagalan melakukan sesuatu yang ingin diperbuat atau mengkambinghitamkan kecerdasan seperti, “Mungkin pekerjaan ini tidak cocok untuk saya.” Hingga Anda seakan punya alasan kuat untuk menunda atau bahkan untuk mengerjakannya.
  5. Menuliskan deadline dan simpan di tempat yang memungkinkannya Anda sering melihatnya. Seperti di kamar, di ruang kerja, dalam buku agenda, atau melingkarinya dalam kalender. Ini akan membantu Anda untuk lebih memotivasi dan tidak menunda pekerjaan.
  6. Menentukan skala prioritas juga dapat membantu Anda untuk lebih optimal dan fokus terhadap pekerjaan.

 

Sumber:

Bianca, Ferren dan Ismal Muntaha. 2011. 10 Kebiasaan yang Menciptakan Kekayaan. Hifest Publishing: Jakarta Timur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s