Empat Kompetensi, Guru sebagai Pembimbing

Posted on Updated on

Selain sebagai pendidik dan pengajar, peran guru juga sebagai pembimbing. Yaitu membimbing perjalanan perkembangan peserta didik dalam hal pengetahuan dan pengalamannya. Membimbing dari yang belum tahu agar menjadi tahu, belum paham menjadi paham, hingga membimbing agar perkembangan fisik, mental, emosial, moral, dan spiritual berkembang.

Sumber: http://made82math.wordpress.com
http://made82math.wordpress.com

Sebagai pembimbing, guru wajib memiliki empat kompetensi, yaitu:

  1. Merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang hendak dicapai. Guru menetapkan apa yang telah dimiliki oleh peserta didik sehubungan dengan latar belakang dan kemampuannya, serta kompetensi apa yang mereka perlukan untuk dipelajari dalam mencapai tujuan. Untuk merumuskan tujuan, guru perlu melihat dan memahami seluruh aspek perkembangan peserta didik.
  2. Melaksanakan kegiatan belajar yang tidak hanya jasmaniah saja, tetapi psikologis. Guru harus mampu membimbing peserta didik untuk mendapatkan pengalaman dan membentuk kompetensi yang akan mengantar mereka mencapai tujuan.
  3. Memaknai kegiatan belajar. Guru harus mampu memberikan kehidupan dan arti terhadap kegiatan belajar. Bisa jadi pebelajaran direncanakan dengan baik, dilaksanakan secara tuntas dan rinci, tetapi kurang relevan, kurang hidup, kurang bermakna, kurang menantang rasa ingin tahu, dan kurang imajinatif.
  4. Melaksanakan penilaian. Penilaian dalam hal perannya sebagai pembimbing adalah guru mampu mampu menjawab pertanyaan, seperti: Bagaimana keadaan peserta didik dalam pembelajaran? Bagaimana peserta didik membentuk kompetensi? Bagaimana peserta didik mencapai tujuan? Jika berhasil mengapa, dan jika tidak berhasil mengapa? dan Apa yang bisa dilakukan di masa mendatang agar pembelajaran menjadi sebuah perjalan yang lebih baik? Apakah peserta didik dilibatkan dalam menilai kemajuan dan keberhasilan, sehingga mereka dapat mengarahkan dirinya?

Sumber:

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Halaman 40-42. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s