Cara Siswa Merespon Informasi

Posted on

Beberapa jam, beberapa hari, dan beberapa minggu setelah nomor hp saya diumumkan sebagai kontak informasi untuk agenda sekolah terkait cap 3 jari ijasah dan SHUN saat pengumuman kelulusan kelas 12, banyak SMS yang masuk. Ada yang konfirmasi bahwa itu nomornya dan ada yang menanyakan kapan cap 3 jari ijasah dan SHUN nya.

Tidak ada yang salah dengan SMS yang masuk ke nomor hp saya. Tapi, secara tidak sadar saya tergerak untuk mengamati cara siswa-siswi yang pernah saya didik konfirmasi bahwa itu nomornya dan menanyakan waktu cap 3 jari ijasah dan SHUN. Dan saya dengan senang hati merespon SMS mereka dengan kalimat yang diplomatis: “biasanya 1-1,5 bulan setelah pengumuman, mas”, itu jawaban untuk siswa. “biasanya 1-1,5 setelh pengumuman, mbak.”, ini jawaban untuk siswi saya.

Berikut ini adalah contoh dari beberapa SMS yang masuk dan sempat saya abadikan:

Assalamu’alaikum. Pak, bade tanglet, agenda sekolahan untuk alumni untuk selanjutnya apa ya dan hari apa pak? (Nama Siswa – Kelas)

Pak, mau tanya, Cap 3 jarinya kapan, pak? (Nama Siswa – Kelas)

Pak, ini (Nama Siswa). Ijasahnya jadinya kapan?

Nama: (Nama Siswa). Kelas: (Kelasnya). No Absen: (Nomor Absen di kelas)

Maaf pak, mengganggu ini (Nama Siswa-Kelas) kemarin. Pak saya mau minta nomor hp/pin BB dari kakak-kakak (Nama Universitas) kemarin yang sosialisasi di sekolah kemarin ada nggak pak?

Pak Darwoto, ini nomer saya, (Nama Siswa-Kelas)

Gimana pak? Ada info apa? (Nama Siswa)

Lha kira” ijasah bisa diambil berapa bulan lagi, pak? (Nama Siswa)

Pak, ni (Nama Siswa) dari (Kelas). Nanti klo ada informasi mhon dibakari y pak.

Cap 3 jarinya kapan pak? (Nama Siswa) pak.

Pak, saya (Nama Siswa-Kelas). Kalau ada informasi cap 3 jari sms ke nomor ini ya, pak. Terima kasih.

Pak Darwoto menawi enten pengumuman tentang cap 3 jari, kulo disms nggeh pak. Matur nuwun. (Nama Siswa-Kelas)

Apakah yang teman-teman pembaca blog ini berpikiran sama dengan saya?

Yang saya rasakan adalah kagum dan kaget. Masing-masing anak memiliki cara yang unik untuk merespon informasi dari guru. Merespon bagaimana? Iya merespon atas informasi bahwa “Untuk informasi cap tiga jari ijasah dan SHUN besok bisa SMS ke Pak Darwoto.”

Kalau saya amati itu adalah cara siswa menyampaikan bahwa itu adalah nomor hp nya.

Untuk menjaga kenyamanan bersama saya sengaja menghilangkan nama siswa dengan memberi tanda (Nama Siswa), kelas (Kelas), dan nama siswa dan kelasnya dengan (Siswa-Kelas).

Leave a Reply

