Liburan Sekolah Ala Anak Kelas 3 SD

Posted on

Berteman dengan penjual minyak wangi, maka kita akan menjadi wangi. Berteman dengan penjual arang, maka kita akan terbakar. Peribahasa ini benar adanya. Seperti yang dialami oleh seorang anak kelas 3 SD yang sedang menikmati liburan sekolah. Dimana setiap harinya anak ini sering bersama teman-temannya untuk sekolah, bermain, mengambil air, dan beribadah di mushola dekat rumahnya. Kebanyakan dari teman-temannya sudah berusia lebih tua, kakak kelas. Karena sering bertemu dengan teman-teman, anak kelas 3 SD ini mendapatkan banyak hal yang bermanfaat bagi dirinya. Salah satunya adalah jualan es lilin/kucir.

es 3 Liburan sekolah telah tiba. Anak kelas 3 SD ini memutuskan untuk mengikuti kegiatan teman-teman sepermainannya, yaitu jualan es lilin. Dia datang ke rumah seorang pemilik usaha pembuatan es lilin dan memohon ijin untuk ikut menjualkan es lilin. Bermodalkan terompet es (sebagai tanda penjual es lilin datang), semangat dan ilmu dari cerita dari teman-temannya, dia mulai berjualan es lilin berkeliling dari satu desa ke desa lainnya.

es 2

Hari pertama berjalan sesuai dengan apa yang dibayangkannya. Es lilin yang dia bawa habis terjual tidak sampai setengah hari. Dia mendapatkan untuk Rp. 250,-. Uang sebesar ini lumayan banyak. Karena saat itu, es teh plastik masih seharga Rp. 50,-.

es 1

Karena belum ada setengah hari ia telah berhasil menjual es lilin, ia memutuskan untuk jualan lagi di hari itu. Dia berjalan menyusuri gang ke gang dengan membawa termos tempat es lilin. Satu hari itu kurang lebih 15 km ia sudah berkeliling. Dia sangat lelah hari itu. Namun, dengan melihat hasil yang diperolehnya hari itu dia tidak mau berhenti menjalankan kegiatan liburan sekolah ini. Total yang dia dapatkan di hari pertama jualan es lilinnya sebesar Rp. 500,-.

500 rupiah monyet seri emisi 1992 replacment afront

Coba saja bayangkan. Dulu, es teh plastik seharga Rp. 50,-. Saat ini, es teh seharga Rp. 1.000,-. Berarti 10 kali lipatnya untuk saat ini. Kalau dulu sehari dapat Rp. 500,-, berarti sekarang Rp. 10.000,-. Bukankah ini luar biasa. Anak kelas 3 SD mampu menghasilkan Rp. 10.000,- per hari di saat mengisi liburan sekolah.

Banyak sekali lika-liku yang dialami oleh anak kelas 3 SD yang sedang melakukan kegiatannya ini. Namanya saja jualan. Kadang laku terjual habis, kadang ada yang terjual dan ada yang tidak, paling menyedihkan tidak laku sama sekali.

Kadang cuacanya panas terik, pertanda es lilin akan habis terjual. Pas hujan, es lilinnya mungkin hanya terjual sedikit atau tidak terjual sama sekali.

Mungkin hari itu bukan hari baik untuk jualan es lilin, langit mendung. Dengan membawa 50 buah es lilin hanya laku 5 buah. Padahal sudah setengah hari berkeliling. Alhasil dia tidak bisa mendapatkan penghasilan. Dia pulang ke rumah membawa sisa es lilin di dalam termos es dengan perasaan sedih, sesekali dia ingin menangis. Dia merengek kepada ibunya yang dirumah untuk memborong es lilinnya agar bisa disetorkan ke bos pembuat es lilinnya.

es 5

Paling senang kalau sudah punya pelanggan. Kalau lewat depan rumahnya pasti dipanggil dan dibeli esnya. Tidak perlu berjalan jauh dan tidak sampai setengah hari es lilinnya sudah habis.

Yang paling luar biasa dari anak kelas 3 SD ini adalah ternyata uang hasil jualan es lilin ini tidak dia pakai untuk jajan. Dia menyimpannya dan dibelikan cempe (anak kambing).

Sungguh luar biasa anak kelas 3 SD ini. Dimana sebagian anak sekolah menghabiskan waktu liburan dengan main-main, wisata bersama keluarga, dan lainnya, dia mampu menghasilkan uang.

Mungkin kalau dia sering bersama dengan teman-temannya yang suka main-main, dolan ke sana kemari tidak akan menjadi seperti sekarang ini. Dia hanya akan ikut-ikutan temannya. Minta diajak orang tuanya untuk piknik dan sebagainya.

Berkat teman-temannya yang memiliki jiwa pekerja keras dia juga menjadi anak yang tangguh.

Bagaimana dengan liburan sekolah kamu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s