Bulan yang Tidak Produktif

Posted on

Pernah berkomitmen, menentukan target bahwa 1 minggu 1 tulisan muncul di blog pribadi. Nyatanya, baru 1 bulan berjalan, gagal. Rencana sebelumnya, 1 tulisan muncul di awal bulan. Menyapa datangnya bulan baru. Kemudian, menulis lagi di akhir pekan untuk mengevaluasi, mencatat kenangan apa saja yang telah dialami 1 minggu berlalu. Dan terakhir di akhir bulan menulis lagi. Semuanya menjadi angan-angan semu.

Kecewa, rasanya. Ingin marah pada diri sendiri. Kenapa mudah sekali terkalahkan oleh rasa malas dan alasan banyaknya pekerjaan.

Bulan Februari ini merupakan bulan paling malas dan selalu mencari-cari alasan untuk membela diri buat saya.

Padahal, dua sifat ini bisa menghambat sukses. Kalau ini dibiarkan terus menerus, kapan saya suksesnya?

Di akhir bulan Februari ini, lewat jam 9 malam, saya memaksakan diri untuk menulis. Dengan harapan nanti bisa memberikan pematik semangat untuk berbagi melalui tulisan di blog pribadi saya ini.

Sebagai guru, saya tidak bisa jauh dari sekolah dan murid. Seperti yang teman-teman ketahui bahwa saya adalah guru bahasa Inggris di sebuah SMK swasta di Kabupaten Sukoharjo.

Dan, bulan Februari sangat menyibukkan bagi saya. Mulai dari tugas luar sekolah, mewakili sekolah untuk menghadiri rapat koordinasi menjelang Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Sehingga beberapa kali, hak siswa terabaikan. Harus meninggalkan kelas untuk tugas ke luar sekolah. Saya mohon maaf atas kealfaan ini.

Kemudian, mempersiapkan siswa kelas XII yang akan melaksanakan serangkaian kegiatan Ujian Nasional. Dan mempersiapkan penerimaan peserta didik baru.

Sangat sibuknya, kadang di rumah tidak sempat bermain dan bercanda dengan keluarga. Rumah hanya tempat untuk istirahat. Esok berangkat kerja lagi. Sore pulang, istirahat sebentar, nonton televisi, istirahat.

Karena tidak pandai membagi waktu di bulan Februari ini, saya sempat sakit.

Sungguh parah, parah sekali.

Ternyata, ketidakmampuan mengelola waktu dengan baik berakibat fatal.

Februari

Dengan penuh kerendahan hati, saya mohon bantuan doa dari teman-teman pembaca tulisan di blog ini agar saya bisa konsisten menjalan tugas dengan ikhlas sebagai guru dan orang tua. Dan tidak lupa bisa berbagi tulisan yang menarik untuk dibaca serta bermanfaat. Serta mampu mengelola waktu dengan baik.

Leave a Reply

