Pentingnya Prospek dan Kolam Prospek Bagi Bisnis Anda

Posted on Updated on

Dalam dunia bisnis, ada sebuah istilah yang sering kita dengar. Apa itu?
Iya, benar. Prospek.
Prospek adalah calon pembeli. Mereka adalah orang yang nantinya berpotensi membeli produk atau jasa yang kita jual.

Guru bisnis saya, Hermas Puspito, menjelaskan di dalam buku Reseller Jago Jualan bahwa “Kunci agar penjualan Anda stabil dan bisa terus meningkat adalah Anda harus mencari prospek baru secara konsisten”.

Ada dua cara mencari prospek baru, yaitu: dengan mencari prospek satu per satu dan dengan membangun kolam prospek.

Cara pertama adalah teknik mencari prospek satu per satu ini dengan TEKNIK BLUSUKAN.

Teknik Blusukan adalah cara mencari prospek baru dengan pendekatan personal, satu per satu.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa teman-teman lakukan untuk mencari prospek baru dengan cara TEKNIK BLUSUKAN.

Pertama, MENCARI TEMAN BARU. Pada tahap ini teman-teman harus membangun pertemanan dahulu sebelum menjualkan produk atau jasa ke mereka.
Intinya jangan langsung jualan. Bangun pertemanan dahulu.

Kedua, BERKENALAN DAN BERINTERAKSI. Langkah selanjutnya adalah berkenalan dengan mereka, sesekali bangun interaksi dengan memulai chat atau percakapan.

Ketiga, MULAI BERJUALAN. Setelah teman-teman mengumpulkan kontak prospek dan berinteraksi dengan mereka, langkah selanjutnya adalah mulai untuk menawarkan produk atau jasa.

Cara kedua adalah membangun kolam prospek.

Kolam prospek adalah tempat kita mengumpulkan calon prospek pada satu media.

Contoh kolam prospek itu seperti BBM, Grup Whatsapp, Grup Facebook, dan lain-lain.

Kenapa pebisnis harus membangun kolam prospek?

Kolam prospek akan menjadi tempat berkumpulnya calon pembeli dalam jumlah besar.

Dengan adanya kolam prospek ini, teman-teman tidak akan kehabisan daftar calon pembeli dengan catatan harus terus-menerus menambah prospek di kolam prospek.

Ada empat hal yang dapat membuat calon prospek mau masuk ke kolam prospek yang kita bangun, yaitu:
1. Karena ingin belajar;
2. Karena ada penawaran spesial;
3. Suka dengan bahasannya; dan
4. Karena menginginkan materi gratis.

Jika teman-teman membangun kolam prospek, setidaknya harus memegang 3 prinsip ini:
1. Jangan langsung jualan.
2. Konsisten berbagi yang bermanfaat.
3. Ada interaksi yang dibangun.

Semoga ulasan tentang prospek dan membangun kolam prospek ini bisa bermanfaat bagi teman-teman.
Sukses untuk bisnis teman-teman.

Sumber:
Puspito, Hermas. 2016. Reseller Jago Jualan: Bagaimana Cara Menghasilkan Jutaan Rupiah dengan Modal Minim Bahkan Nol Sekalipun. Halaman: 61-78. Jakarta: PT. Ednovate Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s