Prinsip-prinsip Umum Mengajar

Posted on Updated on

Prinsip-prinsip umum yang dijadikan pegangan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Mengajar harus berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki siswa.

Tingkat kemampuan/pengalaman siswa itu berbeda antara siswa yang satu dengan siswa lainnya. Maka dari itu, seorang guru harus mengetahui tingkat kemampuan/pengalaman siswa sebelum dia melakukan pembelajaran. Untuk mengetahui pengalaman siswa, guru dapat melakukan pre-test. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

2. Pengetahuan dan ketrampilan yang diajarkan harus bersifat praktis.

Dengan mengaitkan setiap materi pembelajaran dengan situasi kehidupan yang bersifat praktis, dapat memunculkan arti materi pembelajaran tersebut bagi diri siswa sendiri. Dengan merasakan bahwa materi pembelajaran itu berarti atau bermakna, muncul rasa ingin mengetahui atau memiliki.

3. Mengajar harus memperhatikan perbedaan individual setiap siswa.

Setiap individu mempunyai kemampuan potensial yang berbeda antara siswa yang satu dengan siswa lainnya. Apa yang dapat dipelajari seseorang secara cepat, mungkin tidak dapat dilakukan oleh yang lain dengan cara yang sama. Oleh karena itu, mengajar harus memperhatikan perbedaan tingkat kemampuan masing-masing siswa.

4. Kesiapan dalam belajar sangat penting dijadikan landasan dalam mengajar.

Kesiapan adalah kapasiti (kemampuan potensial) baik bersifat fisik maupun mental untuk melakukan sesuatu perbuatan, khususnya melakukan proses belajar disertai harapan ketrampilan yang dimiliki dan latar belakang untuk mengerjakan sesuatu. Jika siswa siap untuk melakukan proses belajar, hasil belajar dapat diperoleh dengan baik. Sebaliknya, jika tidak siap, tidak akan diperoleh hasil yang baik.

5. Tujuan pembelajaran harus diketahui siswa.

Tujuan pelajaran merupakan rumusan tentang perubahan perilaku yang akan diperoleh setelah proses pembelajaran. Jika tujuan diketahui, siswa mempunyai motivasi untuk belajar. Agar tujuan pembelajaran mudah diketahui, maka harus dirumuskan secara khusus.

6. Mengajar harus mengikuti prinsip psikologi tentang belajar.

Belajar itu harus bertahap dan meningkat. Mengajar harus mempersiapkan materi pembelajaran yang bersifat gradual, yaitu dari sederhana kepada yang kompleks (rumit), konkrit kepada yang abstrak, umum (general) kepada yang kompleks, dari yang sudah diketahui kepada yang tidak diketahui (konsep yang bersifat abstrak), induksi kepada deduksi atau sebaliknya, dan sering menggukana reinforcement (penguatan).

Sumber:

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran, Hal. 33-34. Bandung: CV. Wacana Prima.

One thought on “Prinsip-prinsip Umum Mengajar

    anggy said:
    8 February 2012 at 10:14

    makasiii untuk penjelasannya pak,,,:D

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s